800px-Paris_July_2011-27aTau dong lukisan monalisa karya Leonardo da Vinci yang terkenal itu? Nah, kalau ingin menikmati karya legendaris ini secara langsung, kamu harus jalan-jalan ke kota Paris, Perancis. Di sana ada sebuah museum yang bernama Louvre Museum atau Musee du Louvre, dan ini merupakan salah satu museum terbesar di dunia.

Awalnya di tempat ini didirikan sebuah benteng, yaitu pada akhir abad 12, kemudian dibangun dan diperluas untuk menjadi istana kerajaan. Namun sejak Raja Louis XIV, tempat ini lebih difungsikan sebagai tempat penyimpanan karya seni dan barang antik koleksi kerajaan, hingga pada masa revolusi Perancis tempat ini ditetapkan sebagai museum nasional.

Pintu masuk utama museum ini adalah melalui piramida atau louvre pyramid, bangunan modern yang terbuat dari kaca yang ditopang baja dengan bentuk piramida, jika masuk melalui jalan utama ini maka sebuah piramida terbalik akan menyambut kita.
Selain pintu utama ini, tersedia juga akses masuk melalui mall bawah tanah (Carrousel du Louvre), atau melalui Porte des Lions yang terletak di ujung barat Denon Wing.

Bangunan berlantai empat ini memiliki tiga sayap dan Denon Wing salah satunya, ada juga Sully Wing dan Richeliu Wing dengan delapan departemen di dalamnya, yaitu, Egyptian Antiquities, Near Eastern Antiquities, Greek, Etruscan, and Roman Antiquities, Islamic Art, Sculpture, Decorative Arts, Paintings, Prints and Drawings.

Bagian yang paling ramai diburu oleh pengunjung adalah sayap Denon Wing, salah satu alasannya karena di sana lah lukisan Monalisa yang legendaris itu dipajang, tepat berseberangan dengan sebuah lukisan besar karya Paolo Veronese, Wedding at Cana.

Di lantai dasar Denon Wing adalah tempat departemen Etruscan, Roman Antiquities, dan sculpture, yang didominasi oleh beragam patung, mulai dari masa renaissance hingga abad 19. Sedangkan  di lantai dasar dan di bawah lantai dasar merupakan tempat departemen Islamic Art berada. Dimana berbagai benda antik bernuansa islami dapat kita nikmati di sini.

Jika kita menjelajahi Sully Wing, pada lantai dua kita akan menemukan departemen paintings, dan prints and drawings. Tentu saja saat menyusurinya berbagai lukisan akan memanjakan mata kita.

Di lantai satu adalah tempat departemen Egyptian Antiquities dan Greek berada. Deretan patung-patung Mesir kuno seperti patung Sphinx, patung dewa-dewa Mesir, misal Osiris, Horus, dan Anubis, juga terdapat patung-patung Firaun. Selain itu peti mummi juga terpajang di sana, di dalam peti kaca. Suasana horor pasti akan terasa sangat kuat jika saja suasana museum tengah sepi.

Puas menjelajah lantai satu, kita bisa lanjutkan menelusuri lantai dasar. Dan di sana aneka patung Yunani dipajang. Jika ingin melihat sisa benteng yang pernah dibangun , maka kita perlu turun satu lantai lagi menuju lantai di bawah lantai dasar (lower ground floor).

Richeliu Wing, adalah tempat dimana departemen Painting, Decorative Arts, dan Near Eastern Antiquities berada. Yang menarik di sini, pada lantai satu, selain karya seni yang bersifat dekoratif, seperti furniture, dan sebagainya, kita juga dapat menikmati keindahan apartemen Napoleon III nan mewah yang mengundang decak kagum para pengunjung. Sedangkan di lantai dasar, benda-benda antik dari wilayah timur seperti Iraq, Syria, dan Iran menghiasi departemen Near Eastern Antiquities.

Perjalanan menyusuri museum ini akan cukup melelahkan, mengingat begitu luasnya area Louvre Museum. Namun segala keindahan karya seni kuno yang kita nikmati dapat mengalihkan rasa lelah yang terasa. Pikiran kita akan berkelana, sibuk untuk berusaha mengungkap kisah atau misteri di balik berbagai karya seni antik tersebut.

Oh ya, jika anda berencana akan mengunjungi museum ini, lebih baik memesan tiket terlebih dahulu secara online agar terhindar dari antrian yang panjang dan melelahkan. Selain itu, mengingat luasnya area museum ini, sangat disarankan jika anda membawa bekal minum dan cemilan, terlebih bila anda berkunjung ke sini dengan mengajak serta anak-anak.

Selamat berlibur….

 

Advertisements

2 thoughts on “Menelusuri Musium Louvre

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s