img1488326297390Hari Minggu yang lalu tepatnya tanggal 26 Februari 2017, bersama teman-teman dalam komunitas Sahabat (Satukan Hati Tebar Manfaat), kami mengajak bermain anak-anak dari panti asuhan, melalui kegiatan ‘Berbagi Ceria Bersama Sahabat’. Sebuah kegiatan yang kami buat dengan tujuan untuk dapat lebih mengenal mereka dengan berinteraksi secara langsung.

Jika selama ini mereka hanya mengenal kami melalui buku-buku bacaan yang kami antarkan tanpa adanya tatap muka, apalagi berkomunikasi. Karena jadwal kami mengantarkan buku-buku bacaan ke panti-panti ini adalah pada weekdays, dan sudah bisa dipastikan saat kami datang para bocah ini rata-rata sedang bersekolah.

Sahabat beranggotakan empat orang emak yang memiliki keinginan yang sama, yaitu menjadikan sebagian waktu kami dapat memberi manfaat bagi orang lain, dalam hal ini kami memilih anak-anak panti asuhan dan perempuan yang menjadi perhatian kami. Semoga melalui hal kecil yang kami lakukan ini dapat memberi manfaat dan menjadi ladang pahala bagi kami. Aamiin.

Setelah berdiskusi, akhirnya outbond menjadi pilihan kami untuk program ini, dengan pertimbangan melalui kegiatan outdoor seperti ini maka kesempatan untuk lebih mengenal para bocah ini lebih besar. Dan Kampung Bamboo di Jalan Padasuka KM 4 Cimenyan, menjadi tempat pilihan. Alhamdulillah berbagai persiapan hingga hari H berjalan lancar, tanpa ada kendala yang berarti.

Begitu bersemangatnya mereka, hingga pada hari Minggu itu, para bocah di salah satu panti sudah bersiap sejak subuh, bahkan mereka sudah sarapan sejak pukul 05.30. Dan satu jam sebelum waktu yang ditetapkan untuk berkumpul mereka sudah sampai di tempat acara, bapak pengurus panti yang mengabarkannya padaku.

Saat kami tiba di tempat, mereka begitu antusias menyambut kedatangan kami. jelas sekali bocah-bocah ini sudah tidak sabar ingin segera memulai petualangannya. Namun satu rombongan panti rupanya belum tiba, dan saat kucoba menghubungi pengurus panti kami mendapat kabar yang tidak menyenangkan, rombongan bocah itu diturunkan di tempat yang masih jauh dari tujuan, mereka diturunkan angkot yang disewanya di Saung Angklung Ujo, yang jaraknya masih sekitar 3,5 KM lagi untuk sampai ke tujuan, dengan jalan yang menanjak. Bergegas kami menjemput mereka, namun sebelum meluncur jauh, kami mendapat kabar bahwa mereka sudah mendapat mobil lain untuk mengantarkan sampai tujuan.

Perjuangan bocah-bocah ini untuk dapat mengikuti kegiatan yang kami buat sangat luar biasa. Untuk itu kami pastikan mereka harus benar-benar merasa senang dan menikmati seluruh rangkaian acara nanti.

Kami awali acara dengan perkenalanĀ  dari kami, Sahabat. Karena inilah pertama kalinya kami dapat bertemu dan berkomunikasi langsung dengan mereka. Diselingi beberapa permainan, acara perkenalan berlangsung lancar, dan lebih hangat. Namun kami merasa itu belum cukup, maka perkenalan dilanjutkkan dengan story telling dan bagi-bagi door prize. Kisah ‘Children of Heaven’ berhasil menghanyutkan wajah-wajah innocent itu, ekspresi haru tergambar di wajah mereka, hingga akhirnya saat sampai pada akhir cerita yang bahagia, senyum pun terlukis di wajah mereka.
Empat door prize diperebutkan, dan tentu pemenangnya adalah mereka yang sigap menjawab dengan benar pertanyaan-pertanyaan kami.

Kini saatnya acara yang ditunggu-tunggu, di bawah bimbingan akang-akang dari Kampung Bamboo, para bocah ini memulai petualangannya.

Tak terasa satu demi satu tantangan outbond telah dilalui para bocah. Flying fox tampaknya tetap menjadi favorit diantara ke empat permainan lainnya. Panjat tebing menjadi tantangan penutup untuk sesi pertama ini, sebelum mereka beristirahat makan siang dan shalat dzuhur.

Setelah shalat dzuhur, kegiatan outbond dilanjutkan. Namun cuaca saat itu mulai tak bersahabat. Mendung bergelayut di langit Cimenyan. Dan benar saja, di tantangan kedua yang tengah dijalani, butiran air hujan beramai-ramai mengguyur tubuh bocah-bocah itu. Namun tawa bahagia di sela celoteh dan canda mereka semakin membahana, seolah menyambut sang hujan yang hadir tiba-tiba tuk bergabung bersama. Dan para bocah perkasa itu tak goyah sedikitpun oleh derasnya hujan, dengan semangat tetap membara semua tantangan di hadapan, mereka taklukan satu per satu di bawah siraman hujan. Luar biasa….

Setelah semua tantangan terlalui, anak-anak membersihkan diri dan berganti pakaian, mereka kembali kami kumpulkan untuk door prize yang telah disiapkan. Antusiasme terlihat dari wajah mereka, sedikitpun tak terlukis kelelahan di sana. Suasana cukup riuh saat mereka berlomba menjawab pertanyaan untuk memperebutkan door prize yang kami imingkan. Suasana kini terasa lebih akrab dibanding awal pertemuan, tentu saja karena interaksi di antara kami sudah terjalin. Nada merajuk, protes, merayu, dan canda mewarnai suasana sore di pendopo Kampung Bamboo. Melihat begitu antusiasnya para bocah berlomba memperebutkan sepuluh paket door prize, maka akhirnya door prize kami tambah dengan beberapa batang coklat. Mata mereka membulat seketika melihat coklat di tangan kami, dan kehebohan semakin bertambah karena hampir semua bocah menginginkan coklat-coklat itu.

Akhirnya semua door prize telah berpindah tangan. Namun kulihat ada gurat kecewa terlukis di beberapa wajah lugu itu. Berarti, ini saatnya mengeluarkan bingkisan kecil yang telah kami persiapkan untuk semua anak, dan benar saja bingkisan kecil itu berhasil kembalikan senyum di wajah mereka.

Acara pun berakhir sudah, beberapa anak menghampiri, sun tangan, dan mengucapkan terimakasih dengan riang dan binar di matanya.

“Makasih ya teh…” kata yang sama keluar dari bibir beberapa bocah sambil mencium tanganku.

Hatiku bergetar, buncahan rasa bahagia dan haru menyatu.

“Seneng nggak, mainnya?” tanyaku.

“Seneeeeng…” jawaban serempak mereka membuatku tersenyum.

“Lain kali kalau kita main lagi, mau main apa?” tanyaku.

“Yang lebih ekstrim.” Celetuk seorang anak lelaki.

“Berenang.” Seorang bocah kecil menimpali.

Alhamdulillah…. hari itu Allah telah memilih kami sebagai kepanjangan tanganNya, untuk terbitkan senyum dan kebahagiaan bagi mereka.

Semoga lain waktu kami bisa kembali menghabiskan waktu bersama dalam keceriaan dan kebahagiaan bersama mereka.

Semoga Allah senantiasa mampukan kami untuk istiqomah, melakukan apa yang telah kami ikrarkan bersama sebagai Sahabat (Satukan Hati Tebar Manfaat). Insyaallah.

Aamiin….

Advertisements

2 thoughts on “Berbagi Ceria Bersama Sahabat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s